Pelabuhan Tanjung Priok

Setelah mengajukan ijin meninggalkan kampus Universitas Persada Indonesia Y.A.I saya bergegas menuju Pelabuhan Tanjung Priok, yang berada di ujung utara kota Jakarta. Hari ini saya mengantar orang tua yang akan kembali ke Manado menggunakan kapal Doro Londa. Perjalanan ke Manado, tepatnya ke pelabuhan Bitung memerlukan waktu hingga 6 hari.

Masuk ke area penumpang di pelabuhan Tanjung Priok, terlihat banyak penumpang yang juga akan berangkat menggunakan kapal laut ke daerah masing-masing. Baru dua kali saya memasuki area pelabuhan ini. Perbedaan nampak sangat jelas dibandingkan pertama kalinya saya ke pelabuhan ini. Hal ini wajar karena sudah lebih dari 10 tahun saya tidak ke pelabuhan ini. Pelabuhan ini sudah tertata rapi, bahkan pembelian tiket kapal lautpun sudah menggunakan aplikasi. Tidak kalah dengan pelabuhan udara, pelabuhan Tanjung Priok juga sudah memberikan layanan yang prima kepada pengguna kapal laut. 

Saya takjub melihat besarnya kapal laut yang sedang bersandar di pelabuhan Tanjung Priok. Selain kapal Doro Londa, terdapat pula kapal Kelud. Walaupun tidak dapat memasuki kapal tersebut, tetapi saya dapat membayangkan bagaimana luas dan megahnya di dalam kapal tersebut. Apalagi dari informasi yang saya peroleh kapal Doro Londa dapat menampung 2000 penumpang. Di dalam kapal inipun terdapat fasilitas untuk memanjakan para penumpangnya.


by : Agus Suwartane

Komentar