Pernikahan...

Hari ini, karyawan di lingkungan Universitas Persada Indonesia Y.A.I mendatangi resepsi pernikahan Reska dan Evi, salah seorang staff di Rektorat Universitas Persada Indonesia Y.A.IAda hal yang menarik perhatian saya ketika melihat souvenir pernikahan Reska dan Evi. Souvenir tersebut berupa tumbler, tapi bukan itu yang membuat saya tertarik. 

Ketika saya perhatikan tumbler tersebut, ada satu ungkapan dalam bahasa Inggris yang tergores di sampingnya. Ungkapan di tumbler tersebut yang membuat saya tertarik untuk membacanya. Ungkapan yang tertulis di tumbler itu adalah :

"The beauty of marriage is not always seen from the very beginning but rather as love grows and develops over time"   -Fawn Weaver-

(Indahnya pernikahan tidak selalu dilihat dari awal, melainkan cinta yang tumbuh dan berkembang seiring berjalannya waktu)

Ungkapan tersebut membuat saya mendapatkan satu ilmu lagi tentang pernikahan. Memang indahnya pernikahan terasa di awal-awal, tapi seiring berjalannya waktu, indahnya pernikahan semakin memudar dan bahkan sirna. Tidak sedikit pasangan yang sudah menikah akhirnya memutuskan untuk berpisah, apalagi saat ini perceraian menjadi hal yang lumrah. Padahal perceraian adalah salah satu perbuatan yang dibenci Tuhan.

Ungkapan tersebut menyadarkan saya dan mungkin kita, bahwa pernikahan akan terus indah seiring berjalannya waktu apabila cinta yang tumbuh di awal pernikahan selalu kita jaga dan kita rawat bersama pasangan. Menjaga dan merawat cinta dalam jangka panjang memang bukan hal yang mudah. Tapi dengan melaksanakan komitmen pernikahan, secara sadar, ikhlas dan konsisten, akan membuat cinta kita dan pasangan, selalu tumbuh dan berkembang seiring berjalannya waktu. Buat Reska dan Evi, semoga menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah till jannah.


by : Agus Suwartane   

Komentar