Verifikasi Data Mahasiswa Program MSIB dan Kampus Mengajar


Hari ini, kami mendapat kunjungan dari Ibu Susi Wagiyati Purtiningrum, S.Kom., MMSI, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan yang juga merangkap sebagai Koordinator Program MBKM di Universitas Persada Indonesia Y.A.I. Kunjungan beliau terkait dengan pelaksanaan proses verifikasi data mahasiswa Universitas Persada Indonesia Y.A.I.yang akan mengikuti program MSIB dan Kampus Mengajar. Saya bersama dengan bapak Ir. Ari Wijaya, M.Si., Ketua Program Studi Arsitektur FT UPI Y.A.I, berdiskusi dengan Ibu Warek III sambil mencermati menu untuk memverifikasi data mahasiswa pada portal Kampus Merdeka. 

Pada menu tersebut terdapat sejumlah tampilan data yang sebelumnya sudah diinput langsung oleh mahasiswa ketika mendaftar di portal Kampus Merdeka. Isian data tersebut adalah data diri mahasiswa, yang meliputi Nama Mahasiswa, NIM, Program Studi, dan Tipe Program MBKM yang diikuti. Selain data diri mahasiswa, terdapat juga isian data akademik mahasiswa, yang meliputi IPK, Semester, Beasiswa, dan Nominal Beasiswa per bulan. Data-data inilah yang akan diverifikasi oleh program studi, untuk menyatakan kesesuaian data yang diinput mahasiswa dengan data yang dimiliki oleh program studi. Apabila terjadi ketidaksesuaian data maka program studi akan memilih tombol Tidak Sesuai. Program studi akan memilih dan menginput alasan ketidaksesuaian data tersebut. Selanjutnya mahasiswa akan melihat hasil verifikasi dari program studi, dan melakukan perbaikan data. Pada menu ini, program studi juga diminta untuk menentukan persetujuan atau penolakan kepada mahasiswa yang akan mengikuti program MSIB ataupun program Kampus Merdeka. Jika program studi menolak atau tidak mengijinkan mahasiswa mengikuti program tersebut, maka program studi juga harus menginputkan alasannya.

Verifikasi yang dilakukan oleh program studi akan menjadi acuan bagi perguruan tinggi untuk memberikan surat rekomendasi bagi mahasiswa Universitas Persada Indonesia Y.A.I untuk mengikuti program MSIB ataupun Kampus Mengajar. Semoga banyak mahasiswa Universitas Persada Indonesia Y.A.I yang nantinya dapat mengikuti program MBKM tersebut.


by : Agus Suwartane  

Komentar