Uji Publik Calon Panitia Seleksi Satgas PPKS UPI Y.A.I

Pelecehan dan tindak kekerasan seksual dapat terjadi dimana saja, termasuk di dalam institusi pendidikan. Berkaitan dengan hal tersebut Kemendikbudristek meminta setiap perguruan tinggi memiliki Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (Satgas PPKS). Satuan ini berfungsi untuk melakukan pencegahan dan penanganan terhadap korban pelecehan dan kekerasan seksual di dalam lingkungan perguruan tinggi.


Untuk merealisasikan permintaan dari Kemendikbudristek tersebut, pada hari Kamis, 2 November 2023 Universitas Persada Indonesia Y.A.I melakukan uji publik bagi calon panitia seleksi Satgas PPKS Universitas Persada Indonesia Y.A.I. Uji publik ini dimaksudkan untuk memilih panitia, yang nantinya akan bertugas untuk menyeleksi anggota Satgas PPKS Universitas Persada Indonesia Y.A.I. Uji publik ini dilaksanakan secara daring, dan dipimpin oleh Ibu Susi Wagiyati Purtiningrum, S.Kom., MMSI. selaku Ketua Satgas PPKS Universitas Persada Indonesia Y.A.I.

Kegiatan ini diikuti oleh calon panitia seleksi, pimpinan UPI Y.A.I, para pimpinan fakultas, para dosen, dan para mahasiswa. Calon panitia seleksi berasal dari dosen dan mahasiswa, sementara para panelis yang hadir dalam acara uji publik tersebut adalah Ibu Dr. Ati Harmoni dan Ibu Dr. Erdina Indrawati. Pada uji publik ini, masing-masing calon panitia memaparkan pemikirannya terkait pencegahan dan penanganan kekerasan seksual di dalam lingkungan kampus Universitas Persada Indonesia Y.A.I. Setelah semua calon panitia menyampaikan paparannya, kemudian setiap calon panitia diminta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan para panelis. Tanya jawab yang dilakukan oleh calon panitia dan para panelis berjalan sangat menarik. Banyak pengetahuan baru terkait PPKS yang saya dapatkan.

Semoga dengan adanya Satgas PPKS di lingkungan Universitas Persada Indonesia Y.A.I. akan meniadakan tindak pelecehan dan kekerasan seksual di kampus yang kita cintai ini.   


by : Agus Suwartane

Komentar